
·
Tujuan Pembelajaran
ü Taruna di harapkan dapat menjelaskan prinsip kerja crankshaf pada mesin
ü Taruna di harapkan dapat menjelaskan fungsi dari crankshaft
ü Taruna di harapkan dapat membongkar dan memasang crankshaft
ü Taruna di harapkan dapat mengetahui komponen-komponen crankshaft
ü Taruna di harapkan dapat mengetahui ganguan gangguan crankshaft
·
Alat dan Bahan pada Tool BoX
ü Palu (1 buah),
ü Tang (1 buah)
ü Kunci busi (1 buah)
ü Feeler gauge (1 buah)
ü Kunci ring(8-9),(10-11),(14-15),(16-17),(18-19) sebanyak 5 buah kunci
ring
ü Kunci pas(6-7),(6-8),(10-11),(12-13),(16-17),(18-19),(20-22) sebanyak 7
kunci pas
ü Kunci T(10),(12)
ü Kunci Momen 1 buah ukuran (17),(21)
- Alat dan Bahan
yang di gunakan:
ü Kunci T (10),(12)
ü Kunci momen (17),(21)
ü Kunci ring 17
ü Palu
ü Feeler gauge
ü Piston ring compressor
ü Oli pelumas
·
Keselamatan Kerja
ü Bekerja sesuai dengan SOP dan instruktur dosen
ü Meletakkan komponen-komponen yang telah di lepas dengan rapi dan
teratur
ü Hati-hati pada saat komponen hampir terlepas,dan pegangi agar tidak
jatuh
ü Bekerja dengan hati-hati dan penuh konsentrasi
·
Langkah Kerja
a. Lepas oil pannya dengan kunci T(10) dengan baut 22 buah

b. Lepas pompa olinya dengan menggunakan kunci T (10) dengan baut 1 buah


c. Lepas fly wheelnya dengan kunci
moment (17) dengan baut 6 buah dan dengan kekuatan kunci moment 60 Nm


d. Lepas dudukan dinamo staternya
dengan menggunakan kunci T(10) denagn baut 1 buah
e. Kunci ring(17) untuk menahan fly wheel lalu putar Pulley Crank Shaft
dengan kunci ring(19)
Pulley Timing di
lepas dengan di tarik saja atau dengan di beri kejutan dorong agar Pulley idak
ikut bergerak,setelah itu untuk mengeluarkan Pulley cungkil dengan obeng(-)
f.
Lepas cover Timing Chainnya dengan menggunakan kunci T(12)
dengan baut sebanyak 5 buah


g. Buka pompa bensinnya dengan kunci T (12) agar tidak mengganjal saat
pelepasan Camshaft Timing Pulley
h. Lepas tensionernya dengan menggunakan kunci T (10) dengan baut 2 buah
Tesioner berfungsi
sebagai pengencang rantai dan mencegah rantai agar tidak kendor saat berputar
i.
Lepas Crank Shaft Timing Gearnya
dengan Kunci Ring (17) dan lepas chainnya


j.
Lepas Cam Shaft Timing Gear dengan
di tarik saja
k. Lepas baut pada Penguci dengan menggunakan kunci T (10)
l.
Lepas camshaftnya dengan
menariknya saja


m. Lepas clam camshaft dengan menggunakan kunci T (10) 2 buah
n. Buka pompa bensinnya dengan menggunkan kunci T (10) dengan baut 2 buah
o. Kemudian langkah ini blok mesin di balik sehingga untuk membuka bagian
bawah dari blok silinder dan membuka piston yang ada dalam silinder
p. Buka cup bearingnya dengan kunci T (12) dan di setiap bearing ada 2
buah baut dan itu ada 5 bearing


q. Lepas bearingnya dengan menariknya saja
Gambar
r.
Setelah bearingnya di lepas maka piston dan conecting
rodnya di lepas dengan cara mendorong conecting rodnya dengan palu plastik
secara perlahan-lahan agar tidak di dapatkan kecacatan dalam conecting rod


s. Buka dudukan crankshaft dengan kunci T (12) dengan baut 10 buah dengan
menyilang seperti membuka kepala silinder


t.
Setelah
baut yang ada di dudukan crankshaft itu di lepas maka untuk membuka dudukan
crankshaftnya maka di pukul secara perlahan agar terlepas dan tidak cacat
u. Lepas poros crankshaft dengan
dengan kunci T (10) dengan baut 5 buah
v. Kemudian angkat cankshaft secara
perlahan-lahan dan ukur diameter crankshaft
- Tahap Pengukuran
Gambar
·
Langkah Pemasangan
Setelah tahap pengukuran diameter dari crakshaft maka
langkah selanjutnya adalah tahap pemasangan komponen yang telah di bongkar
tadi.
a. Pasang kembali crankshaftnya
dengan meletakkan secara perlahan-lahan pada blok silinder
b. Pasang poros crankshaft
dengan kunci T (10) dengan baut 5 buah
c. Pasang piston dan conecting
rodnya dengan kunci SST piston ring compessor dan tekan dengan palu plastik
secara perlahan


d. Pasang dudukan crankshaft
dengan cara mamukul secara perlahan selanjutnya pasang bautnya dengan
menggunakan kunci T(12) dengan baut 10


e. Pasang bearingnya dengan
kunci T(12) dengan baut sebanyak 10 buah
f.
Pasang kembali pompa olinya dengan kunci T(10) dengan baut 1 buah dan pasang pada bagian
blok silinder
g. Pasang kembali saringan
olinya dengan kunci T(12) dengan memasang bautnya 2 buah
h. Pasang kembali clam camshaft
dengan kunci T(10) dengan memasang baut 2 buah
i.
Lalu langkah berikutnya pasang camshaftnya dengan memasukkan
ke blok silinder
j.
Lalu pasang bracket pemegang camshaft dengan kunci T(12)
dengan memasang 2 bautnya
k. Pasang Timing chainnya
kembali beserta komponen-komponennya


l.
Pasang kembali Cover Timing Chain kunci T (12) dengan
memasang bautnya sebanyak 5 buah
m. Pasang kembali timing pulley
crankshaft dan camshaft
n. Pasang kembali dudukan
starter dengan kunci T(10) dengan memasang baut 1 buah
o. Pasang kembali Fly Wheelnya
dengan kunci momen (17) dengan memasang baut 6 baut dengan kekuatan 60 Nm
p. Pasang kembali oil pannya dengan kunci T (10)
sebnyak 22 bautnya


OLEH
: MULYONO

Gambarnya nggak keluar gan!!!
ReplyDeleteituh conrod nya yg ada baut nya
ReplyDeleteGambarnya kok gak keluar ya gan
ReplyDelete