Tuesday, October 22, 2013

membongkar dan memasang crankshaft


MEMBONGKAR DAN MEMASANG CRANKSHAFT

·        Tujuan Pembelajaran
ü  Taruna di harapkan dapat menjelaskan prinsip kerja crankshaf pada mesin
ü  Taruna di harapkan dapat menjelaskan fungsi dari crankshaft
ü  Taruna di harapkan dapat membongkar dan memasang crankshaft
ü  Taruna di harapkan dapat mengetahui komponen-komponen crankshaft
ü  Taruna di harapkan dapat mengetahui ganguan gangguan crankshaft
·        Alat dan Bahan pada Tool BoX
ü  Palu (1 buah),
ü  Tang (1 buah)
ü  Kunci busi (1 buah)
ü  Feeler gauge (1 buah)
ü  Kunci ring(8-9),(10-11),(14-15),(16-17),(18-19) sebanyak 5 buah kunci ring
ü  Kunci pas(6-7),(6-8),(10-11),(12-13),(16-17),(18-19),(20-22) sebanyak 7 kunci pas
ü  Kunci T(10),(12)
ü  Kunci Momen 1 buah ukuran (17),(21)
  • Alat dan Bahan yang di gunakan:
ü  Kunci T (10),(12)
ü  Kunci momen (17),(21)
ü  Kunci ring 17
ü  Palu
ü  Feeler gauge
ü  Piston ring compressor
ü  Oli pelumas


·        Keselamatan Kerja
ü  Bekerja sesuai dengan SOP dan instruktur dosen
ü  Meletakkan komponen-komponen yang telah di lepas dengan rapi dan teratur
ü  Hati-hati pada saat komponen hampir terlepas,dan pegangi agar tidak jatuh
ü  Bekerja dengan hati-hati dan penuh konsentrasi
·        Langkah Kerja
a.       Lepas  oil pannya dengan  kunci T(10) dengan baut 22 buah











b.      Lepas pompa olinya dengan menggunakan kunci T (10) dengan baut 1 buah

c.       Lepas  fly wheelnya dengan kunci moment (17) dengan baut 6 buah dan dengan kekuatan kunci moment 60 Nm
d.      Lepas  dudukan dinamo staternya dengan menggunakan kunci T(10) denagn baut 1 buah



e.      Kunci ring(17) untuk menahan fly wheel lalu putar Pulley Crank Shaft dengan kunci ring(19)
Pulley Timing di lepas dengan di tarik saja atau dengan di beri kejutan dorong agar Pulley idak ikut bergerak,setelah itu untuk mengeluarkan Pulley cungkil dengan obeng(-)
f.        Lepas cover  Timing Chainnya dengan menggunakan kunci T(12) dengan baut sebanyak 5 buah
g.       Buka pompa bensinnya dengan kunci T (12) agar tidak mengganjal saat pelepasan Camshaft Timing Pulley
h.      Lepas tensionernya dengan menggunakan kunci T (10) dengan baut 2 buah
Tesioner berfungsi sebagai pengencang rantai dan mencegah rantai agar tidak kendor saat berputar








i.         Lepas Crank Shaft Timing Gearnya dengan Kunci Ring (17) dan lepas chainnya

j.        Lepas Cam Shaft Timing Gear dengan di tarik saja
k.       Lepas baut pada Penguci dengan menggunakan kunci T (10)
l.         Lepas camshaftnya dengan menariknya saja








m.    Lepas clam camshaft dengan menggunakan kunci T (10) 2 buah
n.      Buka pompa bensinnya dengan menggunkan kunci T (10) dengan baut 2 buah
o.      Kemudian langkah ini blok mesin di balik sehingga untuk membuka bagian bawah dari blok silinder dan membuka piston yang ada dalam silinder
p.      Buka cup bearingnya dengan kunci T (12) dan di setiap bearing ada 2 buah baut dan itu ada 5 bearing

q.      Lepas bearingnya dengan menariknya saja
Gambar













r.        Setelah  bearingnya di lepas maka piston dan conecting rodnya di lepas dengan cara mendorong conecting rodnya dengan palu plastik secara perlahan-lahan agar tidak di dapatkan kecacatan dalam conecting rod
s.       Buka dudukan crankshaft dengan kunci T (12) dengan baut 10 buah dengan menyilang seperti membuka kepala silinder

t.        Setelah baut yang ada di dudukan crankshaft itu di lepas maka untuk membuka dudukan crankshaftnya maka di pukul secara perlahan agar terlepas dan tidak cacat
u.      Lepas poros crankshaft dengan dengan kunci T (10) dengan baut 5 buah
v.       Kemudian angkat cankshaft secara perlahan-lahan dan ukur diameter crankshaft









  • Tahap Pengukuran
Gambar

























·        Langkah Pemasangan
Setelah tahap pengukuran diameter dari crakshaft maka langkah selanjutnya adalah tahap pemasangan komponen yang telah di bongkar tadi.
a.      Pasang kembali crankshaftnya dengan meletakkan secara perlahan-lahan pada blok silinder
b.      Pasang poros crankshaft dengan kunci T (10) dengan baut 5 buah
c.       Pasang piston dan conecting rodnya dengan kunci SST piston ring compessor dan tekan dengan palu plastik secara perlahan










d.      Pasang dudukan crankshaft dengan cara mamukul secara perlahan selanjutnya pasang bautnya dengan menggunakan kunci T(12) dengan baut 10
e.      Pasang bearingnya dengan kunci T(12) dengan baut sebanyak 10 buah
f.        Pasang kembali pompa olinya dengan kunci T(10)  dengan baut 1 buah dan pasang pada bagian blok silinder
g.      Pasang kembali saringan olinya dengan kunci T(12) dengan memasang bautnya 2 buah
h.      Pasang kembali clam camshaft dengan kunci T(10) dengan memasang baut 2 buah
i.        Lalu langkah berikutnya pasang camshaftnya dengan memasukkan ke blok silinder
j.        Lalu pasang bracket pemegang camshaft dengan kunci T(12) dengan memasang 2 bautnya









k.       Pasang Timing chainnya kembali beserta komponen-komponennya
l.        Pasang kembali Cover Timing Chain kunci T (12) dengan memasang bautnya sebanyak 5 buah
m.    Pasang kembali timing pulley crankshaft dan camshaft
n.      Pasang kembali dudukan starter dengan kunci T(10) dengan memasang baut 1 buah
o.      Pasang kembali Fly Wheelnya dengan kunci momen (17) dengan memasang baut 6 baut dengan kekuatan 60 Nm
p.       Pasang kembali oil pannya dengan kunci T (10) sebnyak 22 bautnya









LAPORAN 
PRAKTIKUM MOTOR OTOMOTIF
MEMBONGKAR DAN MEMASANG CRANKSHAFT
OLEH : MULYONO



POLITEKNIK KESELAMATAN TARNSPORTASI JALAN 
TEGAL


3 comments: